Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak pada sektor ekonomi, tak luput juga institusi pendidikan, terutama yang swasta mengalami dampak yang sangat besar. Berkaitan dengan hal itulah berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta perlu berpikir dua kali ketika akan melakukan pengeluaran di masa pandemi ini.

 

Dampak ekonomi yang menyasar ke segala bidang akhirnya bermuara juga ke institusi pendidikan. Sekalipun untuk perguruan tinggi negeri yang mendapatkan subsidi dari pemerintah, mengingat banyak anggaran yang dikurangi untuk kebutuhan dana darurat saat pandemi ini.

 

Dampak semakin terasa untuk perguruan tinggi swasta, pasalnya selain tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, di tengah pandemi ini banyak mahasiswa yang mengambil cuti atau telat membayar biaya kuliah. Ini membuat Perguruan Tinggi harus berpikir dua kali supaya kampus tetap bisa beroperasi.

 

Meskipun kampus saat ini tidak melakukan aktivitas tatap muka, tetap saja masih banyak beban operasional yang harus dibayar. Mau tidak mau pengelola kampus harus mencari opsi agar semua bisa berjalan pada tempatnya. Beberapa cara berikut ini dapat diterapkan oleh Perguruan Tinggi supaya tetap bisa bertahan saat pandemi.

 

1. Melakukan Efisiensi Pengeluaran

 

efesiensi pengeluaran kampus, cara kampus bertahan di era pandemi, tips kampus era new normal

 

Mengingat finansial kampus yang terus mengalami penurunan, maka efisiensi merupakan langkah terdekat yang bisa dilakukan. Semua lini harus dilakukan efisiensi mulai dari melakukan penundaan pembangunan hingga menunda pembelian beberapa sarana jika memang tidak mendesak.

 

Adapun langkah strategis lain seperti mengoptimalkan sumber daya dengan maksimal sehingga di tengah pandemi ini kampus tidak melakukan perekrutan SDM baru. Dengan ini maka anggaran yang seharusnya digunakan untuk perekrutan SDM bisa dialirkan ke lini lain yang lebih urgent.

 

Efesiensi ini dilakukan supaya kampus tidak memberlakukan pemotongan gaji karyawan atau merumahkannya. Pasalnya banyak sekali perusahaan, bahkan yang skala besar sekalipun akibat pandemi ini melakukan PHK besar-besaran.

 

2. Tinjau Kembali Target Pembelajaran yang Ingin Dicapai

 

target pembelajaran kampus, cara kampus bertahan di era pandemi, tips kampus era new normal

 

Pandemi Covid 19 membuat semua aspek pembelajaran mengalami berbagai kendala, untuk itu penting sekali mengevaluasi semuanya dan mempersiapkan pembelajaran menuju era baru atau new normal. Dengan begitu beberapa kekurangan yang ada dapat dipersiapkan secara cepat.

 

Mengenai hal tersebut beberapa perubahan memang harus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan. Tentunya dengan perhitungan yang matang dan rasional, membuat semuanya dapat tercapai sesuai dengan harapan dan tujuan kedepannya. Hal ini dilakukan supaya kampus tetap menghasilkan lulusan yang berkompeten kedepannya nanti.

 

3. Mengidentifikasi Sumber Daya yang dibutuhkan

 

identifikasi sdm, cara kampus bertahan di era pandemi, tips kampus era new normal

 

Di tengah ketidakpastian ini, semua hal harus diperhitungkan dengan benar dan matang, sehingga sumber daya yang sudah ada dapat dimaksimalkan dan dimanfaatkan. Karena menghabiskan dana untuk menambah berbagai kebutuhan perlu diminimalisir, sebab masa pandemi sekarang harus benar-benar mengoptimalkan apa yang dimiliki.

 

Jika tidak bijak dalam mengatur dan memahaminya, akan sulit bagi kampus untuk bisa bertahan ketika ekonomi sedang lemah. Untuk itu, Anda perlu mengidentifikasi sumber daya dan memetakannya untuk hal yang jauh lebih produktif dan bernilai tambah. Sehingga dapat memberikan berbagai manfaat dan mencapai tujuan yang diharapkan.

 

4. Memetakan Kesiapan Dosen dan Mahasiswa

 

pemetaan kesiapan dosen, pemetaan kesiapan mahasiswa, cara kampus bertahan di era pandemi, tips kampus era new normal

 

Instansi perguruan tinggi harus melihat situasi dan kondisi, baik dari sisi pengajar dan mahasiswanya. Karena menghadapi pembelajaran di era new normal perlu berbagai kebutuhan dan pertimbangan yang benar.

 

Pastikan bahwa dosen dan mahasiswa sudah siap melakukan pembelajaran daring. Anda dapat memulainya dengan menganalisa kemampuan dosen masing-masing, perhatikan mana dosen yang sudah familiar dengan teknologi IT mana yang belum, dengan begitu Anda dapat membuat strategi pelatihan yang tepat agar kualitas pengajaran lebih selaras dengan adanya kompetensi yang sama.

 

Selain itu, perhatikan juga dari sisi mahasiswa. Pada umumnya mahasiswa akan lebih cepat beradaptasi. Kuncinya adalah Anda hanya perlu memilih aplikasi e-Learning yang mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur pembelajaran yang mendukung dosen dalam mengajar. Carilah solusi terbaik agar pembelajaran kampus tetap berlangsung secara optimal walau dilakukan secara daring.

 

5. Memahami Kesenjangan Antara Kebutuhan dan Ketersediaan

 

memahami kesenjangan, cara kampus bertahan di era pandemi, tips kampus era new normal

 

Mengubah berbagai kebijakan untuk efisiensi sangat penting untuk dilakukan di tengah masa pandemi yang masih terus menghantui. Karena dibalik tidak adanya kepastian dan penyelesaian membuat harus ada langkah strategis yang dilakukan. Mengingat antara kebutuhan dan ketersedian yang sebelumnya telah ditetapkan harus dievaluasi kembali. (Baca juga : Perbandingan Aplikasi e-Learning dan Non e-Learning )

 

Hal ini bertujuan untuk mengatur pengeluaran dan harus dipertimbangkan dengan matang, karena jika tidak akan mempengaruhi aspek lainnya. Mengukur skala prioritas menjadi jalan pintas yang harus dipilih agar beberapa kegiatan operasional yang paling penting dapat selalu dijalankan dan dioptimalkan.

 

6. Kerjasama Pihak Eksternal

 

kerja sama pihak eksternal, gunakan LMS, cara kampus bertahan di era pandemi, tips kampus era new normal

 

Kolaborasi menjadi kunci untuk dapat bertahan, apalagi untuk tujuan kebaikan dan kemajuan bersama. Pendidikan menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan, karena menurunnya kualitas akan mempengaruhi bangsa dan negara kedepannya. Hal ini perlu diperhatikan dengan jelas.

 

Lembaga pendidikan baik negeri dan swasta harus bisa membuat program kerja yang dapat saling menguntungkan dengan pihak eksternal, karena masa pandemi sekarang ini membuat kondisi keuangan mengalami penurunan. Untuk itu harus ada langkah strategis yang dapat dimanfaatkan untuk kerjasama dengan pihak lainnya yang peduli dengan kualitas pendidikan.

 

Beberapa cara seperti melakukan kerja sama dengan penyedia platform learning management system atau LMS bisa dijadikan pilihan. Platform LMS memang secara khusus didesain untuk kebutuhan pembelajaran sehingga pihak kampus bisa menghadirkan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan maksimal.

 

Lebih lanjut lagi pihak kampus juga bisa melakukan kerja sama dengan penyedia layanan provider internet untuk kebutuhan akses internet selama pembelajaran jarak jauh. Misalnya dengan menjadikan salah satu provider sebagai sponsor kuota selama pembelajaran jarak jauh. Bentuk kerjasama seperti ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

 

7. Terus Mencari Strategi untuk Menarik Lebih Banyak Mahasiswa

 

gunakan strategi baru, cara kampus bertahan di era pandemi, tips kampus era new normal

 

Sekalipun berada di kondisi yang memprihatinkan, promosi tetap harus dilakukan. Promosi merupakan salah satu langkah penting untuk bisa menarik calon mahasiswa. Misalnya mempromosikan jika kampus telah menggunakan media pembelajaran daring yang efektif dan efisien, dengan ini sekalipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh tetap bisa berjalan dengan kondusif. Sehingga calon mahasiswa baru dapat lebih yakin pada kualitas perkuliahan di kampus Anda.

 

Ketika promosi berhasil dilakukan, pihak kampus bisa memperlebar arah gerakan dengan mengajak kerjasama beberapa perusahaan supaya memberikan beasiswa kepada mahasiswa baru. Cara ini tentu juga menarik minat mahasiswa baru.

 

Memang tidak mudah untuk kampus bisa bertahan di masa pandemi seperti sekarang. Setidaknya dengan melakukan beberapa langkah di atas, Anda dapat membantu dan berkontribusi dalam mengamankan finansial kampus yang terus mengalami penurunan akibat pandemi ini.