Kegiatan belajar mengajar, khususnya dalam kegiatan perkuliahan selama ini masih dilakukan dengan tatap muka langsung di dalam ruangan kelas. Proses pembelajaran seperti ini menghasilkan interaksi yang aktif antara dosen dan mahasiswa. Belum lagi ketika dosen menggunakan media tambahan untuk proses pembelajaran sehingga mampu menciptakan proses belajar yang kondusif.

 

Tetapi, beberapa bulan belakangan ini dengan adanya pandemi beberapa kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dihentikan terlebih dahulu, termasuk kegiatan perkuliahan di kelas. Hingga akhirnya proses pembelajaran harus dilakukan secara daring. Berkaitan dengan hal ini, jelas dibutuhkan strategi baru sehingga proses pembelajaran tetap menarik untuk dilakukan sehingga proses pembelajaran tetap kondusif sekalipun dilakukan jarak jauh. (Baca Juga : 7 Cara Agar Kampus Bertahan di Masa Pandemi )

 

Sebagai pengajar, Anda bisa memanfaatkan video conference untuk memudahkan proses pembelajaran. Kelas virtual berbasis conference bisa menjadi solusi terbaik untuk saat ini. Namun sebelum memulai kelas virtual, penting untuk memperhatikan beberapa hal supaya kelas virtual bisa berjalan dengan lancar.

 

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi supaya kelas virtual berbasis video conference bisa berjalan dengan lancar.

 

1. Terapkan Etika Conference

 

Kelas Virtual, Kelas Virtual Berbasis Video Conference, Video Conference

 

Dengan adanya proses pembelajaran yang dilakukan melalui kelas virtual, artinya semua pihak yang terlibat harus mengikuti etika tertentu sehingga peserta bisa lebih efektif saat rapat. Etika tersebut diantaranya seperti hanya menyalakan mikrofon saat bertanya dan menggunakan pakaian yang rapi. Ini penting karena Anda akan dilihat oleh semua peserta yang ikut kelas virtual. Selanjutnya tidak makan dan minum serta beraktivitas selama kelas dilaksanakan serta tetap fokus dan jangan mengalihkan perhatian.

 

Kelas virtual berbasis conference pada intinya sama dengan pertemuan secara langsung, sehingga tetap dibutuhkan etika supaya semua pihak yang terlibat tetap nyaman selama kelas berlangsung.

 

2. Gunakan Headset

 

Kelas Virtual, Kelas Virtual Berbasis Video Conference, Video Conference, Tips Kelas Virtual

 

Anda bisa menggunakan headset agar suara terdengar dengan jelas, hal ini juga dapat mengurangi noise dari suara lainnya yang kemungkinan bisa mengganggu kelas berlangsung. Headset berguna untuk membantu Anda fokus mendengarkan pendapat-pendapat yang disampaikan mahasiswa ketika kelas virtual berlangsung. Selain itu dengan menggunakan headset Anda juga tidak akan terganggu dengan suara di sekitar, misalnya suara dari anggota keluarga atau suara ramai di sekitar tempat tinggal.

 

3. Pastikan Koneksi Internet Lancar

 

Kelas Virtual, Kelas Virtual Berbasis Video Conference, Video Conference, Tips Kelas Virtual, Koneksi Internet Lancar

 

Seringkali kita tidak sadar jika banyak perangkat rumah yang terkoneksi dengan jaringan internet. Hal tersebut tentunya membutuhkan bandwidth yang lebih banyak. Hal tersebut bisa mempengaruhi kestabilan jaringan di tempat tinggal Anda. Alhasil suara terkadang kurang jelas atau bahkan audio terputus.

 

Untuk menghindari hal ini, pastikan sebelum memulai kelas virtual Anda sudah mengecek koneksi internet dan untuk sementara waktu matikan beberapa perangkat yang terkoneksi dengan jaringan Anda agar jaringan lebih stabil.

 

4. Pastikan Perangkat Laptop, Speaker, dan Software Berfungsi dengan Baik

 

Kelas Virtual, Kelas Virtual Berbasis Video Conference, Video Conference, Tips Kelas Virtual, Perangkat Video Conference

 

Selain memperhatikan kecepatan jaringan, penting juga untuk memastikan perangkat laptop serta speaker Anda berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan pada bagian speaker, kamera utama di laptop dan software yang digunakan dalam conference. Berkaitan dengan speaker pastikan Anda menekan tombol off ketika sedang tidak berbicara. Hal ini dikarenakan keberadaan suara bising yang dihasilkan dari latar belakang bisa membuat para mahasiswa sulit untuk berkonsentrasi. Tak kalah penting, pastikan Anda menggunakan software yang kompatibel dan mendukung aplikasi video conference berjalan optimal, contohnya dengan Google Chrome atau Safari. Terutama saat Anda menggunakan aplikasi video conference berbasis web.

 

5. Pastikan Memiliki Ruangan Khusus untuk Melakukan Video Conference

 

Kelas Virtual, Kelas Virtual Berbasis Video Conference, Video Conference, Tips Kelas Virtual, Ruangan Khusus Video Conference

 

Ketika Anda sedang melakukan kelas virtual berbasis video conference, Anda bisa memilih bagian sudut rumah yang paling kondusif misalnya ruangan belajar. Memilih sudut rumah yang kondusif membuat Anda semakin nyaman ketika menjalankan kelas perkuliahan secara online. Selain itu dengan memilih ruangan khusus Anda juga meminimalisir beberapa gangguan baik yang berasal dari dalam maupun luar rumah.

 

Ketika Anda sudah menerapkan beberapa tips di atas, penting juga untuk memilih platform LMS. Terkadang banyaknya platform LMS menjadikan Anda bingung memilih mana yang tepat. Jika masih bingung mencari platform yang tepat, eStudy bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Berbagai fiturnya sudah didesain khusus untuk kebutuhan kelas virtual sehingga Anda bisa melakukan proses pembelajaran lebih mudah dan menarik.